Indonesia sudah memasuki era Revolusi
Industry 4.0 yang berartikan bahwa semua aktivitas cenderung memakai teknologi
atau serba digital.Teknologi yang semakin canggih sudah hampir memasuki semua
aspek kehidupan manusia,terutama dalam bidang bisnis.Terlebih lagi,seluruh
dunia sedang dilanda pandemic covid-19 yang berarti semua kegiatan tatap muka
dibatasi dan beralih ke kegiatan tatap maya/online.
Teknologi yang semakin canggih
menuntut kita untuk terus belajar mengenai pemakaian teknologi,karena jika kita
tidak memiliki kemauan untuk bertransformasi ke arah yang modern maka kita akan
tertinggal dari zaman yang sekarang sudah modern dan serba menggunakan
teknologi.Teknologi memudahkan kita untuk mencari informasi yang kita ingin
temui dan kita butuhkan.
Semakin banyak orang yang
menggunakan internet,hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk
memasarkan produknya melalui internet guna konsumen mengetahui produk yang kita
jual tanpa harus datang ke toko guna efisiensi waktu dan hemat biaya.Digital
marketing merupakan strategi yang harus dikuasai oleh pelaku bisnis dan
wajib mengaplikasikan digital marketing di dalam bisnis yang sedang
dijalankan.Para pebisnis harus memiliki strategi yang matang untuk menerapkan digital
marketing di dalam bisnisnya untuk mengembangkan usahanya agar berkembang
ke pasar nasional bahkan internasional. Digital marketing sangat berpengaruh terhadap penjualan karena hal
ini yang ditargetkan memiliki cakupan lebih luas dari yang lainnya.
Apa
sih digital marketing?
Digital marketing merupakan upaya yang diterapkan oleh para pelaku
bisnis untuk memasarkan produknya melalui jejaring social media atau
memasarkan produknya secara online menggunakan smartphone.Digital marketing bisa
dilakukan melalui banyak cara,seperti memasarkan melalui iklan di berbagai
laman social media,membuat konten video di platform TikTok,dan lain
sebagainya.
Berapa menit kita menggunakan internet setiap hari dan
berapa iklan yang sudah kita lihat di social media kita ? Jika kita
sempat menghitungnya pasti ada lebih dari satu iklan yang tayang di dalam social
media kita dan Inilah evolusi dari digital marketing yang sudah
masuk ke dunia digital.Di saat orang lebih sering menggunakan social media daripada
membaca buku yang disukai,hal ini merupakan momentum untuk para pelaku bisnis memulai
memasarkan produknya di laman social media yang dimilikinya
Faktor yang mendukung digital marketing saat ini
adalah pengguna internet yang semakin bertambah setiap tahunnya.Dan banyaknya
metode-metode digital marketing yang disajikan dalam bentuk tulisan dan
gambar yang tentunya menarik perhatian para konsumen terhadap produk yang
dijual.
Terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan digital
marketing guna tidak salah saat ingin mengaplikasikannya ke bisnis.
1.
Brand Awareness
Dalam dunia digital personal
branding brand awareness sangat penting agar konsumen mengetahui kelebihan
brand.
2.
Memetakan Target Pasar
Kunci utama keberhasilan
suatu bisnis merupakan kebermanfaatan produk yang dijual untuk sasaran pasar
yang tepat.
3.
Membuat social media
Social media sangat penting dalam hal digital marketing karena
pelaku bisnis akan memasarkan produknya melalui social media dan
memudahkan konsumen untuk melihat produk tanpa harus datang ke toko.
4.
Membuat content
marketing
Content marketing juga hal yang intim dalam memasarkan produk di social
media guna menarik perhatian konsumen untuk membeli produk kita.
5.
Membuat Website
Membuat Website guna
memperkenalkan ke jejaring yang lebih luas di Internet.
6.
Membuat katalog online
Membuat katalog produk
guna memudahkan konsumen untuk mencari barang kebutuhan yang diinginkan.
Enam hal itu merupakan
dasar yang mesti diterapkan untuk menerapkan digital marketing di dalam
bisnis kita guna menuju bisnis go public yang bisa dijangkau di dalam
jaringan nasional maupun internasional.
Lalu,apa pentingnya menerapkan digital marketing di dalam bisnis
kita?
1.
Dapat mengetahui arah
yang jelas bisnis
Dengan diterapkannya digital marketing maka
bisnis kita memiliki tujuan yang jelas untuk menentukan target yang ingin
dicapai.
2.
Mudah menjangkau
konsumen
Konsumen mudah dijangkau dan mudah untuk tertarik
terhadap produk yang ingin kita jual.
3.
Dapat mengenal selera
konsumen
Kita bisa mengetahui selera konsumen,seperti
barang apa yang mudah laku dan barang yang tidak laku.
4.
Dapat meraih pelanggan
dari competitor yang belum beralih ke online
Konsumen cenderung ingin belanja dengan praktis
dan mudah daripada harus beli ke toko,karena akan buang-buang waktu dan
mengeluarkan biaya.
5.
Dapat mengetahui kinerja
bisnis dari penilaian yang diberikan konsumen
Konsumen dapat menilai pelayanan yang kita berikan
kepada konsumen dari sajian penilaian yang diberikan.
6.
Personal
Branding Brand
Bisnis jadi mudah terkenal dengan strategi
pemasaran digital marketing.
7.
Dapat menghemat anggaran
pengeluaran
Dengan menerapkan strategi pemasaran online para
pelaku bisnis dapat menghemat pengeluaran dan uang pengeluaran tersebut dapat digunakan
untuk menambah persediaan barang di gudang.
Jika kita dapat membaca peluang tentang digital
marketing maka tujuh hal tersebutlah akan menjadi benefit bagi bisnis kita
untuk jangka waktu yang panjang dan bisnis kita akan lebih berkembang dengan menerapkan
strategi digital marketing di dalam bisnis.
Digital
marketing memiliki peran yang sangat vital di dalam bisnis dan banyak hal
yang bakalan di dapatkan dari menerapkan digital marketing di dalam
bisnis.
Digital
marketing bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan di dalam bisnis terutama
terhadap para pelaku bisnis yang baru memulai ingin bertransformasi ke arah
yang lebih modern dari yang sebelumnya tradisional.Ketidaknyamanan pasti di
dalam diri pelaku bisnis saat ingin mencoba strategi digital marketing di
awal bisnisnya,karena menerapkan digital marketing tidak semudah
memasarkan produk melalui strategi tatap maya atau offline.
Digital marketing menuntut pelaku bisnis menguasai beberapa keahlian, bukan hanya satu, yang kebanyakan tidak semua kita kuasai bahkan kadang bertolak belakang dari kemampuan yang kita miliki. Banyak pelaku bisnis yang baru terjun sering kali justru dibuat bingung untuk menentukan keahlian mana saja yang memang benar-benar diperlukan dan karena itu harus dipelajari dan dilatih secara terus-menerus karena dengan berlatih pelaku bisnis akan terbiasa dengan hal-hal yang akan sering dilakukan.Berikut keahlian dasar yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis untuk menerapkan digital marketing di dalam bisnisnya.
1.Edit Foto
Mengedit tampilan foto produk merupakan keahlian
dasar yang harus dikuasai oleh para pelaku bisnis guna menarik perhatian
konsumen.Tidak perlu memakai aplikasi yang berbayar dan professional untuk
mengedit foto,kita hanya perlu mendownload aplikasi edit foto yang gratis di
Appstore atau Playstore.
2. Menulis
Menulis merupakan hal yang mudah dikuasai bagi
pelaku bisnis untuk menaruh caption di foto produk yang akan dipasarkan
guna konsumen tertarik.
3. Aktif di social media
Aktif di social media merupakan hal yang
lumrah harus dilakukan para pelaku bisnis,karena keaktifan menjawab pertanyaan
yang akan diajukan seputar produk oleh konsumen akan memengaruhi penilaian
bisnis.
Tiga keahlian mendasar itulah yang menjadi
tuntutan untuk pelaku bisnis jika ingin menerapkan digital marketing di
dalam bisnis.Dan tidak diperlukan keahlian khusus hanya kemauan dan kerajinan
pelaku bisnis untuk selalu berlatih mengenai keahlian tersebut yang dibutuhkan
untuk menerapkannya.
Artikel yang bermanfaat
BalasHapusTerima Kasih!
HapusTerimakasuh bermanfaat sekali artikelnya
BalasHapusTerima Kasih Cindy!
Hapusartikelnya menarik dan penjelasannya mudah dipahami
BalasHapusTerima Kasih Muhammad Ardhian!
HapusMenarik sekali, terimakasih
BalasHapusTerima Kasih Ifrohatun!
Hapus